Bebas (14) Curhat (13) Lirik Lagu (5) Tugas Kuliah (28)

Minggu, 11 Oktober 2015

Pengertian Etika dan Contoh Kasus Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Etika

Dalam pergaulan hidup bermasyarakat, bernegara hingga pergaulan hidup tingkat internasional di perlukan suatu system yang mengatur bagaimana seharusnya manusia bergaul. Sistem pengaturan pergaulan tersebut menjadi saling menghormati dan dikenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, protokoler dan lain-lain. Maksud pedoman pergaulan tidak lain untuk menjaga kepentingan masing-masing yang terlibat agar mereka senang, tenang, tentram, terlindung tanpa merugikan kepentingannya serta terjamin agar perbuatannya yang tengah dijalankan sesuai dengan adat kebiasaan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hak-hak asasi umumnya. Hal itulah yang mendasari tumbuh kembangnya etika di masyarakat kita.

Etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.St. John of Damascus (abad ke-7 Masehi) menempatkan etika di dalam kajian filsafat praktis (practical philosophy).

Menurut Hamzah Yacub, Pengertian Etika adalah ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dan memperlihatkan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran. Sedangkan pengertian Etika menurut Dr. James J. Spillane SJ, Etics atau etika memperhatikan atau mempertimbangkan tingkah laku manusia dalam pengambilan keputusan moral. Etika mengarah atau menghubungkan penggunaan akal budi individual dengan objektivitas untuk menentukan kebenaran atau kesalahan dan tingkah laku seseorang terhadap orang lain. Lalu menurut Asmaran, Pengertian Etika adalah studi mengenai tingkah laku manusia, tidak hanya menentukan kebenaran-kebenarannya sebagaimana adanya, tetapi juga menyelidiki manfaat atau kebaikan dari seluruh tingkah laku manusia. WJS. Poerwadarminta ikut mengemukakan pengertian Etika yang artinya Etika adalah ilmu pengetahuan mengenai asas-asas akhlak (moral). Pengertian Etika menurut Soergarda Poerbakawatja, ialah filsafat mengenai nilai, kesusilaan, tentang baik dan buruk, kecuali etika mempelajari nilai-nilai, ia juga merupakan pengetahuan mengenai nilai-nilai itu sendiri.

Dalam bahasa Indonesia kata etika ini kurang begitu populer dan jarang dipergunakan, istilah etika lebih sering dipergunakan dalam kalangan terpelajar. Kata yang sepadan dengan etika serta yang biasa dipergunakan di dalam masyarakat adalah susila atau kesusilaan. Sedangkan Etika dalam hukum islam merupakan bagian dari akhlak. Etika merupakan bagian dari akhlak, karena akhlak bukan hanya menyangkut perilaku manusia yang bersifat perbuatan lahiriah saja. Akhlak ini mencakup hal-hal yang lebih luas, yaitu meliputi bidang akidah, ibadah dan syariah.

Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita. Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. Untuk itulah diperlukan etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia.

Secara metodologis, tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi. Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, objek dari etika adalah tingkah laku manusia. Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia.

Contoh Kasus Pelanggaran Etika

Kasus Pertama

Commuterline adalah salah satu moda transportasi terbaik untuk melakukan perjalanan sekitar Jabodetabek. Selain nyaman dan cepat,  transportasi ini juga murah. Namun, disisi lain banyak sekali hal-hal yang mengganggu. Sebagai contoh, dalam tiap rangkaian kereta sudah disediakan bangku prioritas untuk manula, ibu hamil, penyandang disabilitas dan ibu yang membawa anak.  Namun masih saja ada orang-orang yang tidak sadar peruntukkan bangku prioritas tersebut, seperti saat berada dalam rangkaian kereta yang sesak dan masuklah seorang Ibu tua, kebanyakan dari penumpang akan masa bodoh dengan keadaan ibu tersebut, tidak jarang mereka pura-pura tidur agar tak diganggu.

Solusi:

Selain peraturan tertulis berupa gambar-gambar dari PT KCJ, seharusnya ditiap rangkaian kereta disediakan satu atau dua pengawal kereta api (Walka) yang bertugas menjaga tiap rangkaian gerbong dan menjaga peruntukkan bangku prioritas tersebut, selain itu para penumpang juga diberi himbauan dari pusat informasi untuk tetap memprioritaskan manula, wanita hamil, penyandang disabilitas dan ibu yang membawa anak. Jika diperlukan, tiap yang tidak peduli dengan peruntukkan bangku prioritas bisa dikenakan denda dan diberi arahan supaya mereka yang masih muda dan kuat untuk berdiri sadar akan lingkungannya dan mempunyai etika

Kasus Kedua

Seorang mahasiswa diberi tugas oleh dosennya untuk membuat tulisan yang nantinya akan diposting di blog dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Selama beberapa hari mahasiswa tersebut tak mendapatkan ide untuk dituangkan dalam tulisannya, hingga akhirnya ia tahu bahwa salah satu temannya sudah memposting tugasnya di blog. Ia pun langsung mencari blog temannya tersebut dan meng-copy semua tulisan yang ada di blog temannya itu tanpa meminta izin dan tidak mencantumkan sumbernya, Lalu ia mengklaim tugas tersebut adalah hasil pemikiran dia.

Solusi:


Untuk kasus seperti diatas, bila teman si mahasiswa ini tahu kelakuan mahasiswa ini, harusnya ia melaporkan kepada dosen yang bersangkutan bahwa si mahasiswa ini sudah melakukan tindakan plagiat. Selain itu, dari pihak dosen sendiri harusnya mengecek kebenaran dari tanggal posting yang tertera di blog tersebut. Lalu berikan teguran dan pemahaman tentang etika TI agar mahasiswa tersebut tidak mengulangi kesalahannya dimasa yang akan datang. 

Sumber

kehidupan sehari-hari

2 komentar: